Shallom, happy pentacost.........jadikan hidup Anda indah dan berharga di mata Allah ......... so come and join with us !!!

Berdoa Syafaat Bagi Pekerjaan Tuhan

"Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan." Lukas 22:39-40
Berdoa adala suatu pekerjaan yang harus kita lakukan karena itulah nafas kehidupan kekristenan kita. Tuhan Yesus sendiri yang mengajarkan kita agar senantiasa berdoa agar kita tidak terjatuh dalah pencobaan.
Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. Banyak orang Kristen ingin dilihat orang suka berdoa, mereka rajin mengikuti ibadah-ibadah doa hanya untuk dilihat orang padahal kehidupan pribadinya jauh dari kehidupan yang intim dengan Tuhan lewat doa. Allah rindu kita tidak hanya beribadah hanya sebagai rutinitas tetapi Allah ingin kita memiliki kuasa dari ibadah tersebut dengan memiliki kehidupan doa yang baik dengan Allah.
Untuk mencapai suatu keberhasilan kita harus banyak berdoa. Ada nasehat yang mengatakan bahwa banyak berdoa banyak berkat. Maka kita harus senantiasa berdoa dengan tiada jemu. Karena kerinduan Allah agar kita memiliki kehidupan doa yang baik maka kadang kala Allah mengijinkan suatu perkara atau kejadian yang tidak mengenakan supaya kita bisa mengingat Dia lagi.
"Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia." Lukas 21-36, Allah rindu agar kita dilalukan dari segala malapetaka yang merupakan pekerjaan Iblis dengan mengingatkan kita untuk senantiasa berjaga-jaga dan berdoa.
Lawan dari berdoa adalah keinginan daging. Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Galatia 5:16-17.
Contoh tokoh dalam Alkitab yang menceritakan tentang kehidupan doa mereka :
- Daniel berhasil karena banyak berdoa, Daniel 6:11.
- Raja Daud diberkati Tuhan karena kekuatan doanya. Maz 119:147, Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu.
- Epafras, Kolose 4:12 Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah.
Agar pekerjaan Tuhan dapat berkembang maka :
Kita harus membebani diri kita untuk senantiasa tiada berkeputusan berdoa bagi pekerjaan Tuhan. Lukas 18:1, Roma 8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
Cara bagaimana kita menghindar dari hambatan-hambatan agar kita tidak dapat berdoa :
- tetap berusaha tekun dalam berdoa. ROma 12:12
- tidak putus dan tidak jemu untuk tetap berdoa dalam keadaan apapun. Lukas 6:12
- menyadari bahwa doa memiliki kuasa untuk mendatangkan janji-janji Allah. Matius 21:22
Yakinlah, apa saja yang kita minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, maka kita akan menerimanya. Amin

Ringkasan kotbah,
Dibawakan oleh : Pdt. Drs. Daniel Batubara, MA