Shallom, happy pentacost.........jadikan hidup Anda indah dan berharga di mata Allah ......... so come and join with us !!!

Allah mendengar Ismael

Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu. Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam, Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, Yetur, Nafish dan Kedma (Kej. 25:12-13). Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku (Yes. 60:7). Janji Allah bahwa keturunan Ismael pun akan datang kepada salib Kristus pada masa kegerakan besar sebelum kedatangan Yesus yang kedua kalinya. Arti nama Ismael adalah Allah mendengar, arti nama Ismael memiliki nama yang sangat indah bila dibandingkan dengan arti nama Ishak ataupun Yakub. Allah berjanji akan menjadikan keturunan Ismael menjadi bangsa yang besar secara daging karena Ismael lahir secara daging dari persetubuhan Abraham dengan Hagar. Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar (Kej. 17:20). Berbeda dengan Ishak yang dilahirkan sebagai anak perjanjian dari Sarah (Kej. 17:21). Berkat Tuhan bagi Ismael : Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya." Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu. Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya." Karakter keturunan Ismael seperti gaya hidup bangsa Baduin/Arab dimana mereka berusaha mempertahankan wilayahnya dengan melawan bangsa-bangsa yang akan mengambil wilayahnya. Ketika Abraham meninggal, Ismael dan Ishak bergandengan tangan menguburkan ayahnya. hal ini menunjukkan bahwa keturunan Ismael dan Ishak berhak untuk menerima berkat rohani yaitu keselamatan. Pada kegerkan besar nanti, akan ada kesatuan antara keturunan Ismael dan Ishak dimana, keturunan Ismael (Kedar dan Nebayot) akan datang pada salib Kristus (Kej. 17:18, Yes. 60:6-7). Tanggung jawab kita sebagai keturunan Ishak yang telah menerima keselamatan dalam Yesus Kristus adalah : - memenangkan jiwa keturunan keturunan Ismael dengan penginjilan konteks lintas budaya, seperti cara Rasul Paulus memenangkan orang-orang Yahudi. Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang. Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat. Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat. Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka. Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya (I Kor. 9:19-23). - menerapkan prinsip kasih untuk memenangkan jiwa-jiwa yang belum mengenal keselamatan, - tidak membangun tembok pemisah dengan mereka. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." Mari beritakan keselamatan bagi semua orang sebab tidak ada keselamatan selain di dalam Yesus Kristus, amin. Ringkasan kotbah, dibawakan oleh : Pdt. Drs. Daniel Batubara, MA