Shallom, happy pentacost.........jadikan hidup Anda indah dan berharga di mata Allah ......... so come and join with us !!!

BERKAT TUHAN TIDAK SAMA DENGAN KEKAYAAN

BERKAT TUHAN TIDAK SAMA DENGAN KEKAYAAN
OLEH : Bp. Husin Triyuwono (Staff Gembala II)
Ayat Mas : Yeremia 17:5&7

Yer 17:5. Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!
Yer 17:7. "Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, dan yang menaruh harapannya pada Tuhan!"
Ulangan 11:26-28,Maleakhi 2:2 : Jika kita melakukan perintah Tuhan maka kita akan diberkati-Nya, jika kita menyimpang dari perintah Tuhan maka kita akan di kutuk/tidak diberkati.
Jika kita melihat hamba-hamba Tuhan di pedalaman yang hidupnya kekurangan (miskin), apakah berarti mereka tidak diberkati Tuhan? Kita bisa melihat kisah janda di sarfat yang di dalam kekurangannya tapi mau memberi untuk pelayanan maka dia diberkati dengan tidak berkekurangan.
Seringkali kita merasa bahwa berkat Tuhan selalu dikaitkan dengan masalah finansial.
Padahal berkat Tuhan tidak sama dengan kekayaan, kita bisa bandingkan dengan kisah di Amsal 17:5, Jadi orang miskin bukan orang yang terkutuk karena tidak diberkati Tuhan (kekayaan).
Orang kaya banyak yang tidak mengandalkan Tuhan, karena merasa dirinya mampu. Maka terkutuklah orang kaya seperti ini! (seperti kata Firman Tuhan)
Lebih berkat memberi daripada menerima (referensi Buku yang dikarang oleh Pdt. J.M.P Batubara). Menurut ilmu ekonomi hal ini sangat bertentangan, tetapi apa kata Firman Tuhan di dalam kisah janda di sarfat? Jika berkat dikaitkan dengan kekayaan maka penyataan lebih berkat memberi dari pada menerima maka hal ini tidak berlaku. Jadi berkat bukanlah kekayaan.
Kekayaan bukan akhir dari segalanya, dan bukan tujuan hidup kita. Amsal 30:8&9 (Tuhan jangan beri aku kekayaan supaya aku tidak menyangkal Tuhan, juga jangan beri aku kemiskinan supaya aku tidak mencemarkan nama Tuhan, tapi berikan aku menikmati makanan yang menjadi bagianku)
Jadi kekayaan hanyalah bagian dari berkat, dan hidup kekristenan adalah hidup yang tidak pernah kekurangan.
Diberkati Tuhan adalah jika seseorang di dalam hidupnya selalu merasa dicintai Tuhan.
Kutuk adalah kehidupan seseorang yang dilingkupi perasaan gelisah.(Yeremia 17:5)
Amen.